Tuesday 16 July 2013

Penyebab kerusakan hutan mangrove


1. Tebanghabis
            Denganterjadinyapenebanganhutan mangrove yang tidakterkendaliakanberpengaruhtehadapekosstem yang adadidekatnyayaitudenganmenurunyakesuburanhutan mangrove karenapasokanzat-zatharamelalui air tawarberkurangsertaberubahnyakomposisitumbuhanpohon mangrove akan di gantiolehspesies-spesies yang nilaiekonominyarendahdanberalihfungsinyahutan mangrove yang asalnyaberfungsisebagaidaerahmencarimakanikandanudangsatadiummuda yang pentingsecaraekonomi.
2. Pengalihan air tawar
            Peningkatansalinitashutan (rawa) mangrove menyebabkanspesies-spesies yang toleranakanmenyebabkan air lebihasin, habitat yang ada di dalamnyasepertiikan, udang stadium larva danjivenilakansensitifterhadapperubahanlingkungantersebutkarenapasokanzatharamelalui air tawarberkurang.
3. Konveksimenjadilahanpertaniandanperikanan
            Perluasanlahan di bidangpertaniadanperikanaakanpenyebabkandampakburukbagiekosistremhutan mangrove dengaterancamnyaregenerasistokikandanudangperairanlepaspantai yang memerlukanhutan (rawa) mangrove sebagai nurse ground, terjadinyapendangkalanperairanpantaikarenapengendapansedimen  yang sebelumhutan mangrove dikonveksimengendapdantidakmenutupkemungkinanterjadinyaerosi di sekitargarispantai.
4. Pembuangansampahcair (sewage)  
            Penurunankandunganoksigenterlarutdalam air, terjadikeadaananoksikdalam air sehinggabahan organic di dalamsampahcairmengalamidekomposisianaerobikmenghasilkan sulfide danaminia yang merupakanzatracunbadiorganismehewani yang adadalam air.
5. Pencemaranminyakdalamjumlahbesar
            Denganbanyaknyapabrik-pabrik yang menghasilkanlimbahminyak yang proses akhirnyadibuangwilayahhutan mangrove akanmenyebabkanpohon-pohon mangrove matikarenaterlapisnyapneumotoforaolehlapisanminyak.      
6. Penambangandanekstraksi mineral
            Musnahnyadaerahasuhan (nusery ground) bagi larva danbentuk-bentukjuveniikandanudang yang berpotensiberekonomipenting di lepaspantaiakanmengancamregenerasinya. Terjadinyapengendapansedimen yang berlebihanakanterlapisnyapneumatoforaolehsedimen yang padaakhirnyadapatmematikanpohon mangrove.
           


No comments:

Post a Comment